"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Pakan Fermentasi Ternak Kambing


Jika musim kemarau melanda, terkadang Peternak dipusingkan dalam pengadaan rumput segar Peternakan mereka.   Sebelum semua itu terjadi, harusnya kita sudah melakukan antisipasi sedini mungkin dengan menghadirkan pakan alternatif yang sehat dan bergizi.

Pakan alternatif bisa diperoleh dari selain rumput segar yaitu dengan cara melakukan fermentasi tanaman-tanaman sebangsa rumput yang terlebih dahulu diolah, seperti kulit kacang, bongkol jagung, jerami kering dan sebagainya.

Saat ini ada cara baru yang relatif murah, praktis dan hasilnya sangat disukai ternak yaitu fermentasi dengan penambahan bahan mengandung mikroba pendukung (contohnya : starbio, starbioplus, EM-4 dan lainya).

Untuk informasi lebih jauh tentang bahan, cara pembuatan, dan kebutuhan zat nutrisi buat ternak kambing dan domba. Silahkan Download disini.


Popular Posts