"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Gambaran Umum Sentro (Centrosema pubescens)

Info Peternakan.  Peternakan-id.Info.  Sentro adalah salah satu hijauan makan ternak yang sangat cocok dikembangkan di daerah tropik, karena selain mempunyai daya tahan pada musim kemarau yang panjang, juga mempunyai daya adaptasi yang luas sehingga tanaman ini cepat menyebar ke berbagai tempat (Humphreys,1974).



Selain merupakan hijauan yang mempunyai kualitas tinggi, sentro juga berperan sebagai  salah satu tanaman penutup tanah yang dikembangkan di areal revegetasi lahan dan berfungsi melindungi tanah revegetasi dari pengaruh hujan dan aliran permukaan, juga merupakan sumber pupuk organik, memperkuat agregat tanah dan memperbaiki ketersediaan air (Reksohadiprodjo, 1994).

Klasifikasi ilmiah dari sentro menurut Reksohadiprodjo (1994) adalah sebagai berikut :
  • Divisi        :   Magnoliophyta
  • Kelas        :   Magnoliopsida
  • Bangsa      :   Rosales
  • Suku         :   Caesalpiniaceae
  • Marga       :   Centrosema
  • Jenis         :   Centrosema pubescens
Sentro merupakan salah satu hijauan yang sangat baik diberikan kepada ternak karena mempunyai kandungan mineral dan protein yang tinggi (Humphreys, 1974). Komposisi zat makan yang dikandung oleh centro pada umur 6 minggu adalah 19,5% bahan kering 23,6% protein kasar 31,8% serat kasar 8,2%, abu 3,6%, lemak 1,7%, kalsium dan 0,41% Fosfat (Teitzel dan Burt, 1976).

Popular Posts