"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Effective Microorganism (EM-4) Sebagai Inokulan

Info Peternakan. Effective Microorganism (EM-4) merupakan campuran berbagai mikroorganisme yang bermanfaat terutama bakteri fotosintetik dan bakteri asam laktat, ragi (Actinomycetes dan jamur peragian) yang dapat digunakan sebagai inokulan untuk meningkatkan keragaman mikroba.  EM-4 memfermentasikan bahan organik dan melepaskan hasil-hasil fermentasi berupa gula, alkohol, vitamin, asam laktat, asam amino dan senyawa organik lainnya (Wididana dkk, 1996).  Selanjutnya dinyatakan bahwa, bakteri fotosinteteik berfungsi untuk mengikat nitrogen dan memakan gas-gas beracun dan panas dari hasil pembusukan.  Ragi berfungsi untuk menfermentasikan bahan organik dalam bentuk alkohol, gula, dan asam amino yang siap digunakan.  




Lactobacillus berfungsi memfermentasikan bahan organik menjadi senyawa-senyawa asam laktat, sedangkan Actinomycetes sp berfungsi untuk menghasilkan senyawa-senywa antibiotik yang bersifat toksik terhadap mikroorganisme pathogen, dapat melarutkan ion-ion fosfat dan ion-ion mikro lainnya.

Teknologi EM-4 sangat bermanfaat di bidang peternakan.  Minuman dan makanan ternak, bila dicampur EM-4 akan memperbaiki komposisi dan jumlah mikroorganisme yang berada dalam perut ternak sehingga pertumbuhan dan produksi ternak meningkat.  Bau kotoran ternak yang disemprot EM-4 berkurang atau hilang sama sekali (Wididanan dkk, 1996).

Beberapa pengaruh Penggunaan EM-4 adalah mempercepat proses dekomposisi limbah dan sampah organik serta meningkatkan ketersediaan nutrisi, sehingga lingkungan kandang menjadi tidak bau, ternak tidak mengalami stress dan meningkatkan nafsu makan ternak (Hamid, 1995).

Molases dalam penulisan ini digunakan sebagai sumber energi bagi perkembangbiakan mikroorganisme dalam fermentasi yang menggunakan EM-4.

Popular Posts