"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Gizzerosine di dalam tepung ikan - Penyebab erosi gizzard

Gizzerosine di dalam tepung ikan

Tepun ikan mempunyai potensi menyebabkan erosi pada tembolok, Luka yang terjadi bisa mulai dengan keretakan kecil pada gizzard hingga menjadi erosi dan pendarahan (haemorraghe), diikuti dengan pengrusakan organ dan biasa disebut dengan “muntah hitam”.  Jika tepung ikan tidak diproses dengan baik, maka akan terbentuk gizzerosine yang terbentuk oleh gabungan dari histidin atau histamin dengan lisin pada temperatur tinggi.  Gizzerosine bukanlah biogenic amine dan sepuluh kali lebih kuat dibandingkan histamin yang dapat meransang produksi asam dari tembolok dan hampir 300 kali lebih kuat yang menyebabkan erosi gizzard.  HPLC (High Performance Liquid Chromatography) dapat digunakan untuk mendeteksi konsentrasi gizzerosine yang berada pada pakan dan tepung ikan.

Maksimum konsentrasi yang dapat ditolerir di dalam pakan ayam sebesar 0,4 ppm.  Direkomendasikan untuk membatasi penggunaan tepung ikan yang mengandung gizzerosine hingga 2%.  Publikasi lain menujukkan bahwa interaksi antara gizzerosine dengan mitoksin berefek lethal (mati) jika pada pakan terkontaminasi mikotoksin dengan level tinggi.

Lanjut baca Penyebab Erosi Gizzard, selanjutnya ;

Popular Posts