"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Penyebab Erosi Gizzard dan Tembolok Broiler

Diagnosa yang tepat dan diferensiasi secara ekonomi dua kondisi yang penting dapat membantu mencegah kerugian dengan mengobati penyebabnya.

Para ahli peternakan seringkali melaporkan adanya erosi gizzard pada broiler dan layer komersial.  Umumnya jenis luka yang nampak mirip di berbagai negara karena kondisi lingkungan sangat potensial untuk tumbuhnya jamur dan bahan pakan impor seringkali terkontaminasi oleh mitoksin.   Sangat disayangkan, hanya beberapa kasus diagnosa klinis yang dilakukan melalui laboratorium sehingga kurang banyak perhatian terhadap kasus tersebut kecuali terjadi pengaruh negatif pada produksi.

Proventriculitis atau peradangan pada proventriculus umumnya tidak disebutkan sebagai erosi  pada gizzard  namun biasanya ada hubungannya dengan penyakit Marek’s (MID) dan infeksi reovirus.  Pada artikel ini, istilah proventriculitis akan digunakan untuk menyebutkan peradangan dan pembengkakan (proventricululosis) pada organ.  Proventriculitis alami terjadi pada broiler yang dikarakteristikan dengan peradangan, pembesaran dan penipisan organ yang dapat memperlambat jalannya pakan melalui lumen, kecendrungan menyebabkan organ pecah.  Keluarnya digesta dari proventriculus yang rusak menuju rongga badan menyebabkan kontaminasi dan dari beberapa kasus dapat merusak seluruh karkas.  Kontaminasi ini memerlukan pencucian pada saat proses pemotongan karkas broiler, sehingga akan meningkatkan biaya tenaga kerja.  Beberapa publikasi di AS menunjukkan bahwa biaya produksi yang besar pada broiler komersial dipengaruhi oleh kondisi, dengan peningkatan konvensi pakan meningkat hingga 10 point.

Anatomi dan karakteristik psikologi organ

Proventriculus atau tembolok memproduksi asam hydrochloric (HCI) dan pepsin, dan enzim yang dapat memecah protein.  Dengan ukuran kecilnya, pakan tidak akan tinggal lama di proventriculus dan tidak terjadi pencernaan di lumen.  Tembolok merupakan organ yang sangat berotot yang mampu menghasilkan tekanan yang tinggi terhadap pakan.  Lapisan tembolok memiliki lapisan kasar dari keratin yang memproses pakan secara  fisik dan bertindak sebagai pelindung lapisan mukosa bawah dari asam hydrochloric (HCI) dan pepsin.

Penyebab Erosi Gizzard.  

Sumber : CP-BulletinService

Popular Posts