"Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya".. ==> “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin. Negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya”. -Pepatah Arab-(dalam Campbell dan Lasley, 1985.<==

Dampak Gangguan Pencernaan pada ayam

Sumber: google
Kerugian utama adanya gangguan pada organ dan saluran pencernaan ayam tentunya berupa terganggunya penyerapan nutrisi yang berdampak pada hambatan pertumbuhan dan penurunan produksi telur.  Angka mortalitas dan morbiditas ayam juga akan meningkat.  Gangguan pencernaan akibat infeksi bakterial dan parasit misalnya akan menyebabkan saluran pencernaan tidak dapat bekerja dengan baik.  Selain itu beberapa infeksi juga akan berakibat pada terjadinya imunosupresif (menekan kekebalan tubuh ayam).
Sumber: google

Beberapa mekanisme terjadinya imunosupresif ini ialah :

  • Kerusakan jaringan mukosa usus menyebabkan proses pencernaan dan penyerapan zat nutrisi tidak optimal.  Akibatnya terjadi defisiensi nutrisi sehingga pembentukan antibodi terganggu.
  • Caeca tonsil yang terletak pada percabangan antara usus buntu dan usus besar merupakan salah satu organ pembentuk (limfoid, red) sekunder.  Kerusakan organ ini mengakibatkan ayam lebih rentan terinfeksi penyakit pencernaan lainnya.
  • Di sepanjang jaringan mukosa usus terdapat jaringan limfoid penghasil antibodi (IgA), dimana IgA tersebut akan terakumulasi di dalam darah.  Kerusakan mukosa usus akan mengakibatkan keluarnya plasma dan sel darah merah sehingga kadar IgA, sebagai benteng pertahanan di lapisan permukaan usus pun menurun.

Sumber : info medion

Popular Posts